Berita
PANDUAN UMUM PERINGATAN HARI UMKM 2021

PANDUAN UMUM PERINGATAN HARI UMKM 2021

Dalam Rangka memperingati Hari Nasional UMKM 12 Agustus 2021 sebagaimana telah diamanatkan Piagam Yogyakarta hasil kongres UMKM pada 25-26 Mei 2016, maka DPN ABDSI menyusun Panduan Umum Peringatan Hari Nasional UMKM 2021, sebagai berikut:

TEMA

“MEMPERKUAT UMKM TANGGUH UNTUK KEBANGKITAN EKONOMI BANGSA MELALUI INOVASI EKOSISTEM PENDAMPINGAN UMKM TERPADU”

MAKSUD DAN TUJUAN

1. Memperluas dan memperkuat jaringan kerjasama pelaku dan Pendamping UMKM
2. Mendorong kebangkitan Ekonomi  bangsa melalui kreativitas dan daya saing UMKM
3. Membentuk UMKM Tangguh
4. Mendorong Inovasi Ekosistem Pendampingan UMKM yang Terpadu

WAKTU PELAKSANAAN

Penyelenggaraan puncak peringatan HARNAS UMKM 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2021 dalam berbagai kegiatan dan event di berbagai daerah dan lokasi. ABDSI akan selenggarakan Live Report dan Talkshow Harnas UMKM selama 6 jam yang dapat direlay melalui kanal Youtube yang menampilkan berbagai kegiatan peringatan Harnas di seluruh Indonesia. Selain itu ABDSI juga mendukung dan berkolaboarsi dengan Kementerian Koperasi UKM untuk kegiatan peringatan Hari UMKM yang dipusatkan di gedung Smesco Jakarta

LOKASI PERINGATAN

Puncak peringatan Hari Nasional UMKM tahun 2021  akan dilaksanakan di SMESCO Jakarta.

Kegiatan peringatan di wilayah dan daerah dapat diselenggarakan di kantor pemerintahan, mall, pasar tradisional, alun-alun, pusat-pusat kegiatan UMKM, atau tempat lain yang sesuai dengan bentuk acara dan ketersediaan sarana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan selalu berkoordinasi dengan Satgas COVID 19 yang ada di daerah.

BENTUK ACARA

Seminar, workshop, pelatihan, pameran, bazar, diskusi, gathering,  penghargaan/ awards dan lain-lain yang relevan dengan upaya pengembangan kebangkitan ekonomi bangsa  dalam rangka mendorong inovasi ekosistem pendampingan dan UMKM Tangguh di masa pandemi.

KONTEN WAJIB

Adalah materi yang wajib disampaikan di acara-acara peringatan Hari Nasional UMKM 2021 yakni:

1. Piagam Yogyakarta
2. Deklarasi Hari UMKM,
3. Tri Dharma UMKM, dan
4. Tema serta hashtag peringatan Harnas tahun ini

Model penyampaian disesuaikan dengan bentuk acara (daring dan luring) dan memperhatikan kondisi perkembangan pandemic covid 19 dimasing-masing daerah. Materi bisa diunduh di www.abdsi.id

Secara internal ABDSI akan menyelenggarakan kegiatan diantaranya adalah :

1. Simposium Virtual Republik UMKM

Simposium virtual akan dilaksanakan pada tanggal 8 – 11 Agustus  dengan durasi waktu 2-3 jam, dengan tema-tema yang  relevansi dengan UKM Tangguh, Pendampingan Terpadu, Pemulihan Ekonomi, dan lain-lain yang melibatkan Pentahelix dan komunitas pendamping lain sebagai narasumber dan simpul publikasi (iccn, micromentor, lunas, dsb).

c. Forum UMKM Nasional / Nusantara

 Acara tahunan, semacam harnas-eve  setiap tanggal 11 Agustus, sehari sebelum Harnas  UMKM, ABDSI  mempublikasikan evaluasi, gagasan, pemikiran untuk UMKM Kuat Bangsa Berdaulat.

d. Riset / Jajak Pendapat Dampak dan Harapan UMKM dari PPKM

Kegiatan berupa survey cepat yang dilakukan untuk mengetahui dampak dan harapan UMKM atas penerapan PPKM akibat pandemic covid 19. Kegiatan ini dibawah Koordinasi  Waketum II dan Bidang II yang dilaksanakan tanggal 29 Juli – 7 Agustus 2021.

e. Pelatihan kompetensi untuk Registered member dan komunitas pendamping

1. Model Bisnis Pendamping
2. Profil BDS / Konsultan Profesional
3. SKKK Pendampingan Pandemi
4. SKKK Konsultan BDS / BDS
5. SKKNI Pendamping UMKM
  

f. Pelatihan / event / kegiatan untuk UMKM

Peserta kegiatan ini adalah pelaku UMKM dengan mengoptimalkan kerjasama  jaringan mitra nasional / daerah dengan pelaksana kegiatan desentralistik,dengan  bekerjasama  Korwil ABDSI. Kegiatan ini dibawah koordinasi Bidang I dan V.

KEPANITIAAN

Secara internal DPN ABDSI tidak membentuk panitia khusus HARNAS UMKM Tahun 2021, akan tetapi langsung dibawah koordinasi  Struktur Organisasi yaitu  SC oleh seluruh Pimpinan Harian DPN ABDSI, OC semua anggota DPN  dan Korwil ABDSI, PIC kegiatan semua Ketua Bidang DPN ABDSI,  dan  Koordinator Umum  adalah Ketua Umum DPN ABDSI.

ABDSI Korwil dan Korda bersama dengan  Lembaga/ Instansi/ SKPD/ asosiasi/ Komunitas yang terkait langsung dengan UMKM dapat membentuk panitia secara sendiri-sendiri maupun membentuk panitia bersama peringatan Hari Nasional UMKM 2021 di daerah masing-masing. Panitia tersebut akan mempertanggungjawabkan semua hal yang dilakukannya secara transparan kepada semua pemangku kepentingan UMKM di daerahnya.

PENGGUNAAN TAGAR

Semua kegiatan terkait hari nasional UMKM 2021 dipublikasikan ke berbagai sosial media dengan menggunakan tagar sbb:

#HarnasUMKM2021
#HariNasionalUMKM #HariUMKMNasional
#UMKMkuat #BangsaBerdaulat
#UMKMtangguh #IndonesiaSembuh
#PendampinganTerpadu
#BangkitHadapiPandemi

LOGO DAN MEDIA PROMO

Logo, banner, poster, backdrop, dan frame profile silahkan menggunakan template yang telah disiapkan sebagaimana contoh dibawah ini. File master template bisa di download di Logo Resmi Harnas UMKM 2021 | A B D S I

                                                                                    

0