PUNCAK PERINGATAN HARI NASIONAL UMKM 2019

PUNCAK PERINGATAN HARI NASIONAL UMKM 2019

Peringatan Hari Nasional UMKM tahun ini dipusatkan di Yogyakarta dengan perhelatan Creative SME Festival di kompleks Dinaskop UKM DIY pada tanggal 3 sampai dengan 6 Agustus 2019.

Event yang merupakan puncak peringatan Harnas UMKM ke 4 ini hasil kerjasama ABDSI dengan Dinaskop UKM DIY dan banyak komunitas lainnya, seperti ASEPHI, IPEMI, JCI, UMKM Nusantara, ICSB, dan sebagainya. Acara pembuka adalah Seminar Nasional UMKM Kuat Bangsa Berdaulat dengan keynote speaker bapak Iwan Saidi, Deputi Kementerian Koordinator Perekonomian RI dan dibuka oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X.

Seminar yang diselenggarakan sampai dengan sore hari ini mengupas tuntas tentang tantangan UMKM Indonesia dalam perkembangan ekonomi global. Hadir sebagai pembicara Luhur Pradjarto (Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi UKM), Sulis Usdoko (Direktur Kepatuhan Perum Jamkrindo). Sabri Rasyid (PT Telkom Indonesia), Arum Kusumaningtyas (Konsultan Geopolitik Global), Ira Damayanti (Indonesia Diaspora Network), Riza Noer Arfani (Pusat Studi Perdagangan Dunia UGM), Indra Kesuma Nasution (ASEAN Nagoya Club), dan dimoderatori oleh Cahyadi Joko Sukmono dan Tengku Irham Kelana dari ABDSI.

Selama 4 hari event ini dimeriahkan dengan expo produk kreatif UKM, pasar oleh-oleh Nusantara, Bursa Platform, dan berbagai lomba, pelatihan, dan aneka hiburan. Creative SME Festival ditutup dengan penyelenggaraan Talk Festival UKM Siap Ekspor, sebagai bentuk visi ABDSI dalam mendorong perekonomian bangsa dengan meningkatkan ekspor produk UKM.

Talk Festival menghadirkan Staf Khusus Menteri Koperasi UKM, Agus Muharram sebagai keynote speaker dan juga sederetan pembicara yang kompeten dalam bidangnya seperti Destry Anna Sari (Asdep Pemasaran Kemenkop UKM), Miyono (Bank Indonesia DIY), Ismutardi (Bea dan Cukai Regional Jateng dan DIY), dan lainnya yang secara lengkap dapat dibaca di sini Talk Festival Fastrack UKM Siap Ekspor

Peringatan Hari Nasional UMKM ke 4 ini terus konsisten dilakukan oleh ABDSI untuk menggaungkan semangat kolaborasi, sebagaimana pada saat dideklarasikan dalam Kongres UMKM Nasional 2016 di Yogyakarta lalu, dengan harapan kuat UMKM dapat menjadi tulang punggung pertumbuhan perekonomian bangsa Indonsia.


Super Admin