Program Unggulan

Secara nasional strategi dan program yang telah dicanangkan oleh ABDSI adalah Program PENGEMBANGAN DAN PERLUASAN LAYANAN BDS.

PENGEMBANGAN LAYANAN BDS
Tujuan Program ini adalah untuk memberikan nilai tambah atas program-program yang telah dikerjakan oleh BDS sebagai Pendamping Pengembangan Bisnis UMKM. Fokus pengembangan diutamakan pada inovasi model pendampingan dengan melibatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam 3 tahapan :
1. Go Modern
2. Go Digital
3. Go Online

(baca lebih lengkap)

PROGRAM PERLUASAN LAYANAN BDS

Program ini adalah bentuk komitmen ABDSI untuk memperluas cakupan layanan pendampingan pelaku UMKM pada sektor-sektor berikut

1. Perhutanan Sosial
Yaitu pemberian akses pemanfaatan hasil hutan bagi masyarakat di dalam dan atau di sekitar hutan dengan kegiatan ekonomi produktif yang harus menyeimbangkan tujuan ekonomi dengan tujuan sosial dan lingkungan (tripple bottom line)

Fungsi utama ABDSI adalah untuk memberikan pendampingan dalam aspek ekonomi (usaha) dengan pendekatan berorientasi pada rantai nilai dan pasar.

Mitra Strategis : Kementerian Kehutanan, NGO lingkungan

2. Ekonomi Desa
Pemberian kewenangan luar biasa kepada desa untuk mengelola potensinya sendiri, membawa arus gerak dinamis yang masif di desa-desa seluruh nusantara dalam berbagai isu seperti BUMdesa, Wisata Desa, Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), Program Inovasi Desa, dan lainnya. Dinamika ini membawa perubahan besar masyarakat desa pada bidang politik, sosial, ekonomi, dan budaya.

Fungsi utama ABDSI selain untuk memberikan pendampingan dalam aspek ekonomi (usaha) dengan pendekatan berorientasi pada rantai nilai dan pasar, juga untuk memastikan setiap desa memiliki rencana strategis pengembangan ekonomi desa.

Mitra Strategis : Kementerian Desa & PDT, BUMN, NGO dan Perguruan Tinggi yang concern di isu desa

3. Agribisnis

4. Minabisnis

To Top