Berita

ABDSI gandeng ILO untuk peningkatan daya saing UKM

69f8f41b-ce05-4a9e-b5a8-df5733f7e3cc

Januar Rustandie, Manajer Proyek ILO SCORE Indonesia memberikan penghargaan kepada DPN ABDSI diwakili Cahyadi Joko Sukmono selaku Sekjen ABDSI atas dukungannya pada SCORE Indonesia

Pada perhelatan temu nasional pendamping II yang dilaksanakan pada mei 2016 lalu, terjadi kesepakatan antara ABDSI bersama ILO untuk bersinergi dalam upaya peningkatan daya saing UKM. Bentuk kesepakatan tersebut, ABDSI mendukung program SCORE yang di inisiasi oleh ILO.

Program SCORE adalah program pelatihan yang praktis dan mendukung perbaikan di tempat kerja yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas perusahaan-perusahan kecil dan menengah, dengan meningkatkan rasa hormat terhadap hak-hak pekerja. Tujuannya adalah untuk menyampaikan praktek-praktek internasional terbaik saat ini dalam bidang kerjasama di tempat kerja, manajemen kualitas, produktivitas dan produksi yang lebih bersih, keselamatan dan kesehatan dalam bekerja, dan manajemen sumber daya manusia.

20160914_125104

Peserta TOT dari 4 Lembaga di Jaringan ABDSI

Bentuk kerjasama program antara ABDSI dan ILO di mulai dengan pelatihan Training of Trainer (TOT)  SCORE dan Training of Enterprise (TOE) yang dilaksanakan pada September 2016 bertempat di Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM Daerah Istimewa Yogyakarta.  Peserta TOT di ikuti 4 lembaga di jaringan ABDSI dan 3 UKM.

Adapun tahapan proses pelaksanaan program dimulai dengan TOT dan TOE serta Base Line Asessment dan Coaching pertama berjalan paralalel selama 8 hari. Selanjutnya peserta TOT akan melakukan Coaching 3 kali yang dilaksanakan selama 3 bulan, dan  terakhir pelaksanaan presentasi hasil.

img-20160915-wa0009

Proses Coaching

 

Dari hasil proses pelaksaaan program ini terdapat perubahan  yang besar yang didapat oleh peserta dari UKM. Perubahan-perubahan tersebut dirasakan oleh karyawan dan manajemen seperti meningkatnya kerjasama di tempat kerja, meningkatnya efisiensi, ruangan kerja lebih tertata rapi dan lain sebagainya.

Selanjutnya sebagai bentuk keseriusan ABDSI dalam mendukung program SCORE ini, program ini akan dijalankan di 30 Korwil ABDSI di seluruh Indonesia.

509c8c51-19d5-4828-b296-082a4b8819c3

Presentasi hasil 3 UKM yang mengikuti Program SCORE

slide1

 

 

 

 

 

 

 

slide2

slide3

Terpopuler

To Top